Gelaran Chanel Cruise Collection di Hong Kong Resmi Ditunda
Iklim politik di Hong Kong yang kian memanas membuat rumah mode Prancis itu menunda pagelaran busananya sampai waktu yang belum ditentukan
9 Sep 2019


Peragaan busana Cruise Collection Chanel ditunda karena situasi politik di Hong Kong yang semakin memanas.


Chanel mengumumkan akan menunda pagelaran busana Cruise Collection 2020 mereka yang rencananya akan digelar di Hong Kong 6 November 2019. Seperti dilansir Business of Fashion, pagelaran busana itu akan ditunda hingga saat yang belum ditentukan. Adapun rumah mode asal Perancis tersebut menjelaskan dalam pernyataan resmi bahwa penundaan dilakukan sembari menunggu saat yang lebih tepat.

 

Pengumuman ini tidak begitu mengejutkan mengingat situasi politik yang kian memanas di Hong Kong. Tak hanya gelaran busana Chanel, banyak acara-acara besar lain yang rencananya akan diselenggarakan di daerah pemerintahan khusus Cina itu dibatalkan.



Beberapa di antaranya ialah konser GOT7, Chvrches, Daniel Kang, dan penampilan komedian Trevor Noah. Ada pula Tatler Ball dan acara pembukaan pusat ritel baru di Kowloon, K11 Musea yang tadinya juga direncanakan berlangsung pada November 2019.



Rencana Chanel untuk menyelenggarakan peragaan busana Cruise Collection mereka di Hong Kong, setelah lebih dulu menampilkannya di Paris pada Mei 2019 lalu, memang sudah disangsikan sejak keadaan politik di Hong Kong mulai bergejolak pada Juli lalu.


 

Situasi semakin keruh karena, biarpun seandainya keadaan di Hong Kong sudah mereda, menggelar pertunjukan di Hong Kong berpotensi mengucilkan konsumen mereka yang berasal dari Cina. Apalagi mengingat masyarakat Cina rajin menyerukan boykot terhadap brand yang menyatakan Hong Kong dan Taiwan sebagai negara terpisah dari Cina.

 

Jika pun Chanel jadi akan menyelenggarakan peragaan busana Cruise Collection ini di Hong Kong di kemudian hari, kemungkinan besar hal itu tidak akan berhasil menarik media, selebritas, maupun influencer dari Cina untuk hadir dan mendukung acara tersebut. (SIR). Foto: Dok. Istimewa.
 

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA