Jakarta Fashion Week 2023 Siap Hadirkan 1600 Tampilan Koleksi Lewat Beragam Kolaborasi
Siap digelar sepanjang tanggal 24–30 Oktober 2022 mendatang, JFW hadirkan beragam kolaborasi di perhelatan tahun ini
17 Oct 2022



Jakarta Fashion Week 2023 merupakan salah satu pergelaran paling dinanti tahun ini. Setelah sempat berlangsung secara online saat pandemi, tahun ini JFW kembali hadir dalam bentuk perhelatan offline selama sepekan penuh. Penyelenggaraan JFW kali ini akan menghadirkan 34 show dari 116 label dan perancang mode, baik nasional maupun internasional, serta akan menampilkan lebih dari 1600 tampilan koleksi terbaru. Sederet kolaborasi berikut ini pun turut memeriahkan penyelenggaraan JFW 2023.

Dukung Kreasi Modest Wear

Material berkualitas tentu merupakan elemen penting di setiap kreasi busana, termasuk busana santun atau modest wear. Salah satu kolaborasi yang akan hadir di JFW 2023 ini yaitu Dalia Tex yang mempersembahkan karya dari Kami Idea, Ria Miranda, dan Buttonscarves.
 
“Kain yang dipakai untuk membuat busana itu, kan, yang menentukan look-nya. Dalia Tex kembali bekerja sama di tahun keempat ini dengan Jakarta fashion Week untuk mendukung desainer mencipta sesuatu yang unik dan menjadi DNA masing-masing brand. Semoga, kesempatan ini bisa menghasilkan sesuatu yang baik untuk dilihat masyarakat,” ungkap ungkap Devina Unjoto, Marketing Executive PT Daliatex Kusuma, di konferensi pers JFW 2023 pada Selasa (11/10/2022) di Pondok Indah Mall 3.
 

Material Ramah Lingkungan

Masih seputar material yang digunakan para desainer, JFW 2023 juga kembali berkolaborasi dengan Asia Pacific Rayon (APR). Kolaborasi ini juga akan menghadirkan sebuah fashion show yang mempresentasikan koleksi busana dari BT Batik Trusmi, Oline Workrobe, Frederika, dan Everyday.
 
“Kampanye lokal dan bangga buatan lokal yang kami bawa itu sejalan dengan pesan yang dibawa JFW, yang ingin membawa sesuatu dari tanah air untuk dunia. Kenapa kami mengangkat lima desainer tersebut, karena mereka peduli dengan fashion berkelanjutan, yang ke depannya juga berusaha memajukan industri tekstil di Indonesia,” tutur Evelyn Santoso, Head of Business Development SEA Asia Pacific Rayon.

Kolaborasi Otomotif

Tidak ketinggalan, tahun ini JFW kembali menggaet mitra otomotif terkemuka, Mazda. Mazda merupakan produk otomotif yang lekat dengan fashion dan merupakan mitra yang telah beberapa kali turut serta meramaikan panggung JFW. Ricky Thio, Managing Director of PT Eurokars Motor Indonesia, mengatakan bahwa benang merah kerja sama JFW dan Mazda yaitu dalam hal desain dan gaya hidup. JFW dan Mazda juga sama-sama ingin memberikan dukungannya untuk memajukan desainer Indonesia.
 
“JFW adalah ajang mode yang sangat ikonis dan prestisius - sama seperti Mazda. Fashionable, iconic, and elegant. Tentunya kami akan membawa beberapa kejutan di tahun ini tentang terobosan teknologi otomotif terbaru dari Mazda. Kejutan ini nantinya akan diungkap bersamaan dengan kolaborasi fashion kami dengan Yosafat Dwi Kurniawan dan Jeffry Tan,” ungkap Ricky.

Hadir di Metaverse Indonesia

JFW JUGA bekerja sama dengan WIR Group, perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI). Kolaborasi dengan WIR Group ini terwujud lewat hadirnya JFW di Nusameta, ekosistem metaverse asli Indonesia besutan WIR Group. Gupta Sitorus, Chief Marketing and Sales Officer WIR Group, mengatakan bahwa ruang maya ini nantinya bisa mengakomodasi 1000 pengunjung virtual untuk berinteraksi di JFW di Nusameta ini. Ia juga berharap milestone ini bisa membawa dampak yang positif bagi banyak pihak.

“Ini merupakan historical moment karena pertama kalinya JFW ada di metaverse, dan memindahkan 21 karya fisik desainer ke ranah metaverse. Ini artinya kita membuka ruang untuk bereksperimen tanpa terbatas hal fisik seperti material yang digunakan. Harapannya, semoga hal ini bisa menjadi titik awal ekonomi baru dan ajang berkarya, terutama bagi para desainer,” pungkasnya.
 
Jakarta Fashion Week 2023 akan berlangsung secara offline sepanjang tanggal 24–30 Oktober 2022 mendatang di City Hall, Level 5, Pondok Indah Mall III, Jakarta Selatan. Jakarta Fashion Week 2023 juga terlaksana berkat dukungan dari Gouw, Foodstory, Janji Jiwa, Jumpstart Coffee, dan Nutriville.
 

MARDYANA ULVA
Foto: Jakarta Fashion Week

 

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA