Robby Tumewu, Sang Multitalenta Kebanggaan Bangsa
Mengilas kembali kejayaan Robby Tumewu sebagai seorang perancang busana, pemain film sekaligus pesinteron kondang di Indonesia.
14 Jan 2019




Nama Robby Tumewu sudah dikenal sebagai seorang desainer mode kenamaan di Indonesia sejak era 80-an sebelum dia ikut berkontribusi dalam dunia hiburan dengan berbagai macam peran. Awal permulaan Robby dalam memasuki dunia mode dimulai dari sebuah pentas bernama Teater Koma. Robby yang lahir di kota Bandung, 65 tahun lalu mendapat kepercayaan untuk menata busana yang saat itu akan digunakan pada pertunjukkan Teater Koma dimana acara ini dipimpin oleh N. Riantiarno.
 
Selain mendesain pakaian, Robby juga melakoni peran pembantu dalam teater ini. Karier Robby di dunia hiburan berlanjut sampai menjadi bintang di sebuah acara televisi yang mengusung tema Situasi Komedi seperti Flamboyan 108, Keluarga Van Danoe, Flamboyan 108, Oke-oke Bos, dan Cepot & Copet Kepepet. Lelaki ini juga memerankan beberapa film untuk layar lebar seperti 3 Hati Dua Dunia Satu Cinta (2001), Laskar Pelangi (2008), Belahan Jiwa (2005), dan Ca Bau Kan (2002)..

Baca juga: Perjalanan Karier Robby Tumewu Hingga Puncak Sukses
 
Sedangkan di dunia mode dan pakaian, salah satu desainer Eka Soekamto mengatakan bahwa Robby merupakan salah satu orang yang suka membuat terobosan dalam bidang rancang mode di Indonesia. Robby bahkan menggunakan busana karyanya sendiri di film Ca Bau Kan—yang menjadi inspirasi desainer legendaris Anne Avantie untuk membantu Robby dan membuat pertunjukkan sederhana untuk peluncuran koleksi milik Robby.

Baca juga: Apa Kata Mereka Tentang Sosok Robby Tumewu
 
Dibantu beberapa perancang senior, visi Robby Tumewu untuk menciptakan ide di mana mode bisa dinikmati lebih banyak orang sudah terealisasikan dan menghasilkan beberapa rancangan busana yang kita kenal dengan desainnya yang kaya akan warna dan potongan yang funky.
 
Robby Tumewu menutup usianya yang sudah menginjak 65 tahun karena sakit stroke yang di deritanya. Kepergian beliau menjadi duka bagi banyak orang terdekat termasuk penggemarnya dari dunia hiburan maupun dunia mode. Namun karya-karya Robby akan terus dikenang dan akan terus menginspirasi. (JLA) Foto: Dok. Istimewa.

 

Author

DEWI INDONESIA