Perjalanan Personal Nina Nikicio
Kesehatan adalah hal yang menyeluruh. Ia bukan sekadar urusan fisik, tetapi juga mental. Itulah mengapa kesehatan yang kafah selalu berangkat dari kesadaran akan kebutuhan diri.
16 Jul 2020


 


Dalam kasusnya, ia menjaga kesehatan mental dengan berlatih meditasi 15 menit dalam sehari. “Saya mencoba lebih lama, tapi belum bisa hahaha. Susah banget. Kadang-kadang bahkan cuma 5 menit. Tapi enggak apa-apa, yang penting latihan,” katanya. Prosesnya dalam memperbaiki gaya hidup memang mengajarkan ia untuk tidak ngoyo. Semua ia mulai sedikit demi sedikit, pelan tapi pasti. Seperti Pilates yang ia mulai seminggu sekali hingga akhirnya jadi setiap hari. Atau dengan inisiatif mulai makan sehat dengan membuat sarapan salad setiap hari hingga akhirnya mendalami ilmu nutrisi.

Yang jelas, latihan kecilnya bermeditasi punya dampak yang cukup signifikan dalam hal menyeimbangkan kesehatan dirinya secara utuh. “Pertama, [meditasi] membantu saya mengontrol emosi dengan lebih baik. Misalnya ketika marah, saya jadi bisa berhenti dulu untuk mencari tahu alasan saya marah. Jadi saya enggak begitu saja melampiaskannya ke anak-anak atau ke diri sendiri.” Meditasi memang bermanfaat untuk melatih self-awareness. Dan lewat kesadaran diri itu, Nina mengaku bisa jadi mengenali dan memahami siapa dirinya. “Simple things, misalnya kenapa hal-hal tertentu mengganggu saya. Oh ya, mungkin ini karena trauma masa kecil yang belum selesai dan kemudian jadi sadar apa traumanya. Itu bisa kebuka. Akhirnya, saya bisa jadi bisa memaafkan dan berdamai dengan diri sendiri.”
 
Toh ia tidak merasa prosesnya sudah selesai. “Tapi saya bisa bilang saya mencoba untuk jadi lebih baik dari hari ke hari. I’m living my life to the fullest now. Saya lebih tidak khawatir dengan hal-hal yang terjadi esok hari. Di saat yang bersamaan saya pun masih punya kecenderungan jahat dan keras ke diri sendiri. Dan buat saya, mengakui hal itu adalah bagian dari proses dalam menyadari dan menyembuhkan diri,” katanya.
 
Sementara waktu, sembari terus berlatih Nina kini aktif menyebarkan awareness tentang gaya hidup sehat lewat akun Instagramnya. Tentu ia tak berharap semua orang langsung mengadaptasi gaya hidupnya. Sebab ia, among all people, sadar betul panggilan itu harus datang dari diri tiap-tiap individu. “Saya hanya bisa menunjukkan bagaimana hal tersebut turut andil memperbaiki hidup saya dan beraharap orang terinspirasi lalu ikut serta. Tapi kalau tidak, ya saya tidak bisa memaksakannya hahaha.”
 
Sampai dua tahun yang lalu, wellness dan fitness mungkin tak terlintas di benak Nina Nikicio. Tapi kini kedua hal itu menjadi bagian yang signifikan dalam hidupnya. Bukan sekadar sebagai gaya hidup, tetapi pilihan sadar act of maintenance untuk menjalani hidup dengan lebih baik. Dan perjalanan personalnya menuju state of wellness membawanya ke alam mental yang lebih baik. Masih jauh dari contenment memang, but still a good place. (Shuliya Ratanavara) Foto: Dok. Pribadi.


 

 


Topic

Profil

Author

DEWI INDONESIA