Iris van Herpen Couture Fall Winter 2019: Medan Gaya Adibusana
Iris van Herpen sekali lagi membuktikan kalibernya sebagai desainer mode adibusana dengan kompleksitas teknik dan nilai artistik tinggi. Perpaduan teknologi, desain dan seni rupa dalam sebuah peragaan.

1 / 7
Fashion is art you can wear, dan gaun-gaun adibusana rancangan Iris van Herpen merupakan bukti nyata atas manifesto itu. Karyanya selalu menampilkan pakaian-pakaian futuristik dengan nilai artistik dan kompleksitas teknik yang tinggi.
 
Herpen rasanya tidak berhenti mengeksplorasi berbagai teknik produksi garmen. Untuk koleksinya kali ini ia menggunakan teknik suminagashi atau proses pewarnaan dalam air yang menghasilkan garis dari riak-riak tinta untuk kemudian diproses lebih lanjut. Hasilnya adalah helai-helai kain yang menyusun pakaian meliuk dan membentuk pola yang terlihat seperti medan gaya.
 
Tak hanya itu, Herpen juga menggunakan teknik pemotongan laser “glitch” yang ia gunakan untuk membuat gaun Met Gala Jordan Roth yang ikonis. Namun, kali ini ia menggunakan kain dengan motif bunga-bunga eksotis. Efeknya membuat memandangi deretan gaun demi gaun rancangan Iris van Herpen untuk koleksi adibusana musim gugur 2019 seperti terhipnotis. 
 
Membandingkan gaun-gaun tersebut dengan medan gaya rasanya cukup pas. Apalagi kali ini ia juga menggandeng pemahat kinetis asal Amerika, Anthony Howe. Karyanya bertajuk “Omniverse” dipajang di Élysée Montmartre dan menjadi latar pagelaran dengan panah-panah yang berputar pada sumbu yang melengkung.
 
Instalasi itu pula yang menjadi inspirasi gaun terakhir dalam koleksi ini: sebuah gaun dengan sayap buatan yang dapat berputar terbuat dari auminium, stainless steel, dan bulu. Meski gaun ini memiliki sistem mekanik yang memungkinkannya bergerak pada pagelaran, tapi Herpen menjelaskan bahwa sayap-sayap pada gaun itu juga akan tetap bergerak ketika tertiup angin layaknya instalasi Howe. Musim ini, Herpen masih menjadi yang terdepan dalam pengembangan desain dan teknologi. Ibaratnya, dialah ilmuwan fashion di masa kini. (Teks: Shuliya Ratanavara/Foto: Dok.Iris van Herpen)
 
 

 


Topic

Fashion Tip



JOIN OUR COMMUNITY