5 Cara Diet Karbon untuk Atasi Krisis Iklim
Krisis iklim kian menunjukkan taringnya, berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisasinya.
7 Jan 2020


Menggunakan Transportasi Publik
Pada prinsipnya, segala layanan dan produk yang hanya bisa digunakan satu atau sedikit orang akan menghasilkan emisi karbon yang lebih besar ketimbang layanan dan produk yang bisa digunakan massal. Maka dari itu tak ada salahnya bagi Anda untuk lebih sering menggunakan transportasi publik ketimbang kendaraan pribadi dalam beraktivitas. Apalagi jika Anda tinggal di Jakarta di mana layanan transportasi publiknya lebih baik dibandingkan dengan kota-kota lain di Indonesia.

 


Bijak Berinvestasi
Satu lagi cara untuk membantu mengurangi emisi karbon dengan lebih signifikan adalah dengan bijak dalam berinvestasi. Kita tahu, semilitan apapun kerja-kerja individu dalam mengurangi emisi karbon, hal itu tak sebanding dengan kerusakan alam serta produksi emisi karbon oleh perusahaan-perusahaan yang bekerja dengan prinsip ekstraktif dan eksploitatif seperti perusahaan tambang, perusahaan minyak, atau perusahaan sawit yang menyebabkan deforestasi.

Maka dari itu, satu hal yang mungkin bisa kita lakukan sebagai publik adalah dengan lebih memilah perusahaan tempat kita akan berinvestasi serta produk investasinya. Di Indonesia sendiri sudah ada produk investasi Green Bond atau obligasi berwawasan lingkungan di mana perusahaan penerbit obligasi tersebut menjamin pendanaan yang didapat dari penjualan obligasi tersebut digunakan untuk menjalankan proyek atau ekspansi bisnis dengan berdasar pada wawasan lingkungan. (SIR). Foto: Dok. Istimewa.

 




 

 

 


Topic

sustainable lifestyle

Author

DEWI INDONESIA