5 Restoran Ini Mengajak Anda Berpetualang Ke Negeri Kaya Rempah
Bangkitkan Semangat Berpetualang Dengan Menikmati Hidangan Rempah Yang Menggugah di 5 Restoran Ini
20 Jul 2020




Dari belasan abad yang lalu, penemuan rempah membangkitkan kisah jalur rempah yang membentang dari Asia, Afrika Timur, hingga Eropa. Kisah yang rasanya tak berhenti dikenang hingga kini. Rempah-rempah itu sendiri merupakan bagian tumbuhan yang beraroma atau berasa kuat yang digunakan dalam jumlah kecil di makanan sebagai pengawet atau perisa dalam masakan. Mereka mengeluarkan rasa alami yang unik dari masakan dan bisa digunakan untuk mengubah tampilan makanan agar lebih menarik dalam warna. Beberapa dari mereka tumbuh di alam liar dan merupakan sumber pengawet makanan yang sangat baik terutama untuk makanan olahan industri

Dari warna, aroma, hingga kisahnya, rempah telah menjadi saksi sebuah perjalanan panjang mengelilingi dunia. Keberadaannya dikaitkan dengan perjalanan sebuah kekuasaan, politik, dan juga sosial budaya. Pesona hidangan yang telah tersentuh oleh rempah-rempah ini tak hanya menggugah rasa, namun menggambarkan peradaban sebuah bangsa.

Hingga kini pun, daerah-daerah yang terkenal dengan masakan berempahnya terus diburu pencita kuliner. Melalui pesona rempah yang tak ada habisnya, majalah Dewi menghadirkan lima sajian penuh rempah yang akan membawa semangat Anda berpelisir kembali membara.

India - Babooji
India, telah dikenal mempunyai sejarah panjang perdagangan dengan kekaisaran Roma dan Cina. Seperti yang dikutip melalui India Brand Equity Foundation (IBEF), negara ini merupakan produsen, konsumen, dan pengekspor rempah-rempah terbesar di dunia dan telah memproduksi sekitar 75 dari 109 varietas yang terdaftar oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) dan menyumbang setengah dari perdagangan rempah-rempah global.

 

Konsep modern Indian dining dipersembahkan secara sunguh-sungguh oleh Babooji. Restoran dan bar yang terletak di bilangan Senopati ini tak hanya menyajikan hidangan tradisional India, namun juga hidangan modern seperti beberapa menu Chindian, gabungan mesra antara sajian khas Cina dan masakan India.


Thailand - Greyhound Cafe
Walau beberapa hidangan terpengaruh dari masakan Cina dan India yang penuh rempah, masakan Thailand benar-benar dapat diidentifikasi dengan sendirinya karena menggabungkan kelima rasa dalam satu piring, manis, asam, pahit, asin, dan pedas

 

Thai food with a twist, begitulah Greyhound Café mendeskripsikan sajiannya. Menu-menu grill dihadirkan terinspirasi dari budaya kuliner street food Thailand yang unik. Duck Confit in Red Curry menjadi salah satu menu andalan Greyhound Cafe yang terletak di Senopati. Berbeda dengan cabang Grand Indonesia, menu disini lebih menekankan kepada hidangan grill. Pengunjung bisa melihat sendiri bagaimana proses grill melalui dapur terbuka.
 
 
 


Cina - ChongQing LiuYiShou
penggunaan rempah di negeri Cina tak hanya sebatas bumbu pada makanan. Nama-namanya telah mengisi jurnal-jurnal kesehatan yang mempunyai banyak manfaat.

ChongQing LiuYiShou menyajikan hidangan dari resep tradisional yang diturunkan dari generasi ke generasi. Seperti mi yang dibuat sendiri dan duo sup yang berwarna merah dan putih susu. Mereka adalah sup tradisional khas mala serta kaldu tulang 8 jam yang dipanaskan di atas tungku yang dipasang di setiap meja.  Berbagai pilihan daging dan sayur-sayuran tersedia menanti pilihan Anda, salah satunya ialah Meat Platter yang terdiri dari 300 gram daging rib eye dan 10 beef-rolled enoki yang dapat disantap oleh enam atau tujuh orang. 

 


Turki - Turkuaz-Authentic Turkish and Ottoman Cuisine
Di Turki, ketika melewati Kawasan Eminonu di Istanbul, aroma rempah menyeruak dengan sungguh kuat. Spice Bazaar yang memikat mata menjadi sebuah pasar rempah yang telah eksis berabad lamanya.

Restoran Turkuaz – Authentic Turkish and Ottoman Cuisine, dengan bangga menyajikan hidangan otentik khas Turki yang akan membawa Anda terbuai. Masakan Ottoman sendiri mengacu pada makanan Turki dari Kekaisaran Ottoman dan juga termasuk makanan Turki, Yunani, Balkan, dan bagian Kaukasus, dan Timur Tengah. Di bawah naungan Executive Chef Sezai Zorlu, restoran yang terletak di kawasan Kemang ini menyuguhkan pengalaman bersantap layaknya seorang Sultan.

 
 
 


Indonesia - Akar Restaurant and Bar
Tak terlupa juga hidangan negeri kita sendiri. Rasanya hampir tidak ada masakan Indonesia yang tidak menggunakan rempahrempah. Sejarah panjang Indonesia dengan rempah bagaikan sebuah dongeng yang tak ada habisnya, sampai-sampai Indonesia sendiri dijuluki sebagai Mother of Spices

Sesuai dengan namanya Restoran AKAR ingin mengeksplorasi akar budaya Indonesia melalui makanan. Menyajikan hidangan Indonesia dengan sentuhan modern, salah satu hidangan signature-nya berupa Rendang 28. (AU) Foto: Unsplash, Prayogo Yeodo

 

 


Topic

Restoran

Author

DEWI INDONESIA