Telah Diresmikan, Jakarta Fashion Hub Siap Menjadi Penggerak Ekonomi Kreatif Dalam Negeri
Tidak hanya dapat digunakan sebagai tempat merancang konsep, banyak pula fasilitas Jakarta Fashion Hub yang bisa dimaksimalkan oleh para pelaku industri fashion.
15 Dec 2021



Telah hadir sejak pertengahan tahun 2020, sebuah ruang kolaboratif yang mempertemukan antara fashion dan kreativitas, yaitu Jakarta Fashion Hub (JFH), akhirnya diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pada tanggal 4 Desember 2021. Kehadiran JFH ini diharapkan dapat menjadi platform atau wadah bagi para penggiat kreatif dalam menggerakkan potensi industri, khususnya di bidang fashion, tekstil, dan ekonomi kreatif keberlanjutan di dalam negeri.
 
Peresmian Jakarta Fashion Hub ini juga ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Menparekraf di Gedung JFH di Jl. Teluk Betung no.33, Jakarta Pusat, yang juga dihadiri oleh Anderson Tanoto, selaku Managing Director Royal Golden Eagle, dan Basrie Kamba, Direktur Asia Pacific Rayon (APR).
 
Sandiaga Uno berharap bahwa kehadiran Jakarta Fashion Hub ini dapat menjembatani passion para penggiat ekonomi kreatif dalam negeri untuk menyalurkan bakat sekaligus mendorong potensi bisnis di bidang fashion.
 
“Melalui Jakarta Fashion Hub, diharapkan penciptaan karya fashion nasional dapat semakin baik, memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat, dan karya Indonesia semakin siap bersaing di dunia. Peresmian ini juga diharapkan dapat terus memberikan inovasi, mampu beradaptasi, dan mempererat kolaborasi pada ekosistem fashion di Indonesia,” ujar Sandiaga Uno.
 
Bagi Sandiaga Unno, pengunjung yang memanfaatkan Jakarta Fashion Hub dapat membantu upaya pemerintah dalam mendorong peningkatan daya saing ekonomi kreatif, menciptakan kolaborasi produk yang siap berkompetisi di pasar nasional dan internasional, serta pastinya mendukung pemulihan ekonomi Indonesia imbas pandemi yang menyerang.

 

“Peluang pasar ekonomi kreatif dan fashion masih sangat terbuka di Indonesia. Pemerintah juga terus berusaha menyediakan bahan baku terbaik untuk industri fashion, menyusun program yang mendukung instruksi Presiden untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat modest fashion dunia, serta menyosialisasikan semangat #BanggaBuatanIndonesia dan #SemuanyaAdaDiSini,” tambah Sandiaga Uno.
 
Bagi Basrie Kamba, Direktur APR, berharap bahwa Jakarta Fashion Hub dapat menjadi motor penggerak industri ekonomi kreatif di Indonesia melalui fasilitas yang ditawarkan, termasuk memberikan solusi bagi para creativepreneur yang selama ini masih sulit untuk mengembangkan model bisnisnya.
 
“Dengan peresmian ini, kami berharap semakin banyak generasi muda yang ikut serta menggali potensi dan ide kreatif dalam menghasilkan produk mode asli buatan Indonesia yang mampu mendunia sesuai dengan visi Presiden Joko Widodo untuk mendorong #BanggaBuatanIndonesia. Kami optimis bahwa Indonesia dapat menjadi pusat mode yang mendunia,” ungkap Basrie.
 
Tidak hanya menawarkan tempat untuk merancang konsep dan mendesain produk fashion, Jakarta Fashion Hub pun menyediakan berbagai fasilitas, seperti area workshop, co-working space, studio foto, hingga pengadaan kain siap beli. Jakarta Fashion Hub telah berkolaborasi dengan sedikitnya 50 brand/desainer fashion dalam negeri dan menyelenggarakan fashion show, virtual shopping, serta webinar seperti fashion dan fashion berkelanjutan. (RJ) Foto: APR, Pexels.
 

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA