Gugusan Nafas Kehidupan Kehidupan Nepal Lewat Lensa Tommy Siahaan
Tommy Siahaan memilih destinasi wisata sesuai dengan suasana hati. Kali ini, ia terbuai dengan keindahan alam, sejarah, dan masyarakat Nepal.


1 / 12
Nepal adalah tempat yang unik, bersejarah, berenergi positif, dan dikelilingi oleh spiritualisme yang sangat kental. Hal tersebut ditambah dengan keindahan alam dan masyarakatnya membuat fotografer Tommy Siahaan tak dapat menahan diri untuk tidak mengabadikan momen-momen di sini. Salah satu kota yang dikunjunginya adalah Bhaktapur, kira-kira 12 kilometer dari ibukota Kathmandu. Kota ini juga dikenal karena menjadi lokasi shooting film Marvel Doctor Strange saat ia mendapatkan kekuatannya.
 
Nepal tak menawarkan keindahan cuma-cuma. Dibutuhkan kekuatan untuk menaklukkannya. Dikenal sebagai salah satu ‘rumah’ dari puncak tertinggi Pegunungan Everest, suhu yang sangat dingin dan oksigen yang tipis adalah tantangan yang dihadapi Tommy ketika mendaki Everest. Terlalu lelah atau gembira perlu dihindari saat Anda berada di ketinggian hampir enam ribu kilometer di atas permukaan laut.  Usaha yang tak akan sia-sia ketika mata melihat cakrawala saat tiba di tujuan.
 
Setidaknya dua kali dalam setahun Tommy berkelana. Traveling selalu memberi inspirasi dan juga membuka mata serta pikiran, begitu pendapatnya. Destinasi pilihannya ditentukan oleh kata hatinya. Ia menyukai perkotaan yang ramai seperti New York. Tetapi ia pun tak keberatan pergi ke pantai dan menikmati deburan ombak, sesuatu yang menurutnya sangat menenangkan, terapeutik.
 
Tommy juga mencari kenikmatan dalam unsur-unsur budaya sebuah destinasi. Ia menyaksikan Festival Shivaratri ketika baru tiba di Kathmandu. Festival Shivaratri adalah salah satu hari suci umat Hindu yang dirayakan setiap tahun di akhir musim dingin untuk menghormati Dewa Siwa. Banyak turis datang untuk menghadiri festival yang terkenal meriah ini. Letupan warna-warna terang hadir dalam balutan busana yang dikenakan masyarakat setempat. Mereka merayakan festival ini dengan membawa buah-buahan sambil mengucap mantra sebagai doa kepada para Dewa.
 
Ini mungkin saja kali pertama Tommy datang ke Nepal. Namun pesona negara ini begitu kuat hingga rencana untuk kembali lagi ke sini langsung tercetus dalam pikirannya. (Nofi Triana Firman) Foto: Tommy Siahaan
 
 

 


Topic

Travel Guide

Author

DEWI INDONESIA