TikTok dan Sumbangsihnya Terhadap Fashion di Indonesia
Lewat TikTok, industri fashion kini memiliki cara yang lebih unik untuk menunjukkan kreativitasnya.
24 Nov 2021



Munculnya TikTok sebagai platform digital di beberapa tahun belakangan menjadi angin segar bagi para generasi muda yang memang menyukai semangat berkarya. Terlebih, generasi muda merupakan generasi yang menyukai keaslian atau authenticity. Hal ini berkaitan bukan saja tentang bagaimana mengubah pesan dan nilai yang mereka bawa, tetapi lebih tentang mengubah cara seseorang berbicara kepada audiens.

TikTok sendiri dipandang lebih sederhana ketimbang platform digital lain dengan algoritma yang lebih rumit. Pun Salah satu yang khas dari konten TikTok adalah keberagaman pengemasannya. Ini membuat konten TikTok terasa begitu familier sekaligus personal pada saat yang bersamaan, sehingga memancing kreativitas pengguna untuk memberikan sentuhan berbeda di setiap tantangan. 

Pengaruh ini menjamah semua sektor, termasuk fashion. Bahkan pada masa pandemi, konten fashion merupakan salah satu konten yang populer di TikTok. Di Indonesia, melalui tagar #samasamadirumah dan #gayadirumah, para kreator di TikTok secara kreatif menunjukkan gaya fashion mereka di rumah. Tantangan dari kreator negara lain, seperti #shoetransition, #passthebrush, #guccichallenge, dan #tvshowchallenge, juga diadopsi oleh pengguna TikTok di tanah air. 

Brand besar seperti Burberry pun pernah mengajak pengguna TikTok dalam aksi interaktif membuat monogram TB dengan jari. Gucci lewat tagar #guccichallenge juga menyaksikan bagaimana para pengguna TikTok berusaha mengimitasi tampilan khas model dengan pakaian mereka sendiri. Melihat antusiasme yang begitu masif dari para kreator, para brand besar pun tak segan untuk mengundang mereka duduk di barisan depan fashion show hingga menjadi muse pada koleksi terbaru desainer.

Mengacu pada fakta tersebut, industri fashion dalam negeri juga memanfaatkan platform TikTok untuk menggali bakat baru, menyampaikan pesan dan cerita brand melalui kreativitas para kreator. Perhelatan Jakarta Fashion Week pun telah menjadi pintu untuk membuka para brand fashion ternama untuk memanfaatkan TikTok dalam menampilkan karyanya.
 

 

Hashtag #JFW2021 di platform TikTok menampikan inspirasi gaya jalanan para model JFW, rangkaian fashion show di JFW tahun 2021dan tantangan seputar fashion oleh para kreator yang keseluruhannya telah mendapat lebih dari 5 miliar views.

Di perhelatan Jakarta Fashion Week 2022 yang akan digelar beberapa waktu lagi juga menggunakan platform TikTok untuk mengajak para kreator menunjukkan kreativitas mereka bergaya a la para model melalui tagar #IniGayaModelJFW yang hingga kini sudah mencapai sekitar 53,6 juta views.
 

 

Jakarta Fashion Week yang merupakan salah satu acara fashion show tahunan terbesar di Indonesia menjadi jembatan bagi TikTok untuk mengajak para brand lokal dalam menyampaikan cerita dan karyanya di TikTok sehingga terhubung dengan komunitas kreatif. Melalui perhelatan ini, TikTok mengajak desainer fashion dalam negeri untuk turut serta berkolaborasi.

Kolaborasi TikTok bersama Jakarta Fashion Week 2022 tahun ini mengajak Chitra Soebijakto dari Sejauh Mata Memandang yang mengangkat tema “Tumbuh” bersama Dian Sastrowardoyo dan Dana Maulana dari Danjyo Hiyoji yang mengangkat tema “Dare to be Bold”. Keduanya akan mempersembahkan suguhan istimewa yang juga menampilkan semangat autensitsitas yang menjadi DNA TikTok serta kedua belah brand. Saksikan TikTok Runway Show di JFW 2022 pada hari Kamis, 25 November 2021 pukul 20.00 WIB di jfw.tv dan akses koleksi spesial ini di TikTok Shopping dengan follow akun @sejauh_mata_memandang dan @danjyohiyoji di TikTok. (JE) Foto: Pexels, dok. Sejauh Mata Memandang, dok. Danjyo Hiyoji.

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA